Selasa, 06 Desember 2016

TEKNOLOGI SMART MOBS


A.    Pengertian Smart Mobs
Smart Mobs pada prinsipnya adalah sekelompok manusia mendadak berkumpul di tempat umum, lalu melakukan aktivitas bersama-sama dalam waktu sangat singkat dan langsung bubar untuk kembali ke aktivitas masing-masing. Peserta tidak saling kenal karena persiapannya dilakukan diam-diam, bahkan lokasi baru diberitahukan pada H-1, dan dalam pelaksanaannya menggunakan teknologi dengan mobilitas yang tinggi.

B.     Pengertian Media smart mobs dan sejarahnya
Smart mobs adalah suatu istilah yang berkaitan dengan penggunaan teknologi sebagai media yang memiliki mobilitas cukup tinggi untuk melakukan suatu proses social secara masal. Konsep ini pertama kali dikenalkan oleh Howard Rheingold yang dituangkan dalam bukunya yang berjudul " The Next Sosial Revolusi. Menurut Rheingold, smart mobs merupakan indikasi dari teknologi komunikasi yang berkembang yang akan memberdayakan masyarakat. Pada tahun 2002, "smart mobs" Konsep disoroti dan masuk dalam media  New York Times " Year in Ideas ".

C.      Perkembangan Teknologi Smart mobs
Smart mobs menggunakan media mobile dan jaringan komputer untuk mengatur tindakan kolektif, dari kawanan techo-savvy pemuda di perkotaan Asia dan Skandinavia ke pemberontakan warga dijalan-jalan Seattle, Manila, dan Caracas. Jaringan komunitas nirkabel, webloggers, pembeli dan penjual di eBay adalah indikator awal dari massa cerdas yang akan muncul dalam dekade mendatang. Teknologi yang digunakan dalam smart mobs bisanya teknologi yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti: teknologi internet dan teknologi telepon seluler dimana teknologi ini memiliki mobilitas dan flexibilitas  yang tinggi dan cepat. Contohnya pada jaman seperti sekarang ini jaringan internet dan jaringan seluler dapat diakses dari mana saja dan juga menyebarkan informasi melalui teknologi ini membuhtuhkan waktu yang sedikit cocok untuk smart mobs mengingat smart mobs melibatkan orang dalam jumblah yang banyak. 

D.    Kesimpulan
Adanya pengaruh di bidang sosial yang diakibatkan oleh smart mobs menjelaskan bahwa teknologi juga dapat mempengaruhi hal - hal di bidang sosial. Hal ini dapat terjadi karena dalam smart mobs juga diperlukan teknologi yang mampu menggerakan orang dalam jumlah besar.

Jika kalian masih penasaran bagaimana sebenarnya smartmobs itu, kalian bisa melihat contoh videonya disini How To SmartMobs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar