Mengenal Mobile
Banking, sebelumnya tahukah kalian apa itu Mobile Banking? Apa Saja layanan
yang ditawarkan dari Moblie Banking tersebut? Lalu adakah kelebihan dan
kekurangan dari penggunaan Mobile Banking ini? Mari kita simak bersama-sama
mengenai Mobile Banking ini.
M-Banking atau yang
biasa disebut Mobile Banking merupakan salah satu layanan perbankan yang
diberikan oleh pihak bank guna untuk mendukung kelancaran kegiatan di perbankan
yang memanfaatkan teknologi informasi. Bukan hanya untuk pihak bank, namun
M-Banking ini juga memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan suatu
transaksi. Perkembangan M-Banking tidak terlepas dari penggunan handphone atau
telepon genggam, kecanggihan dari handphone ini memberikan manfaat dalam
penggunaan layanan tersebut. Layanan M-Banking dari handphone ini berupa Phone
Banking dan SMS Banking yang masing-masing memiliki fitur tersendiri.
Phone Banking ini
merupakan suatu layanan dari M-Banking untuk memberikan nasabah kemudahan dalam
mendapatkan informasi perbankan dan melakukan transaksi finansial non-cash
melalui handphone. Adapun fitur yang ditawarkan dari Phone Banking ini yaitu:
a.
Trasnfer dana.
b.
Inforamasi saldo dan mutasi rekening.
c. Pembayaran tagihan (seperti kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik dan asuransi).
c. Pembayaran tagihan (seperti kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik dan asuransi).
d.
Pembelin pulsa isi ulang.
SMS Banking merupakan
layanan informasi dari perbankan yang dapat diaskes langsung melalui
handphone
dengan menggunakan SMS. Fitur yang ditawarkan dari SMS Banking ini adalah:
a.
Transfer dana.
b.
Informasi saldo dan mutasi rekening.
c.
Pembayaran (kartu kredit).
d.
Pembelian pulsa isi ulang.
Selanjutnya mari kita
beranjak untuk menyimak apa saja keuntungan dan kerugian dari penggunaan
M-Banking ini.
Dimulai dari
keuntungannya, M-Banking memberikan kita keuntungan sebagai berikut:
a. Hemat waktu : dengan menggunakan layanan
dari M-Banking ini kita dapat dengan mudah melakukan transaksi seperti cek
saldo, menerima/mentransfer uang dimanapun dan kapanpun tanpa pergi ke bank.
b. Nyaman : kemampuan bertransaksi yang
bisa dilakukan dimana saja memberikan kenyamanan bagi nasabah, nasabah dapat
melakukan transaksi tanpa harus antri seperti umumnya yang terjadi di bank.
c. Akses mudah keuangan : dengan Mobile
Banking kita dapat mengkses informasi mengenai keuangan kita baik itu saat
berada diluar jam kerja.
d. Efisiensi : fungsi mobile banking yang
fungsional, kompetitif, dan efisien daapat membantu mengurangi antrian di aula
perbankan, selain itu juga Selain itu kita dapat memeriksa saldo rekening,
meninjau transaksi terakhir, transfer dana, membayar tagihan, cari tm, cek
deposito, mengelola investasi dalam waktu yang tidak terbatas.
Sedangkan untuk kekurangan dari penggunaan
M-Banking ini adalah:
a.
Nasabah berpotensi menerima pesan dan
sms palsu/penipuan.
b. Umumnya aplikasi mobile banking
membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi. Sehingga saat kita berada
didaerah pedalaman yang koneksi internetnya tidak baik, kita tidak akan bisa
melakukan transaksi.
c. Jika handphone kita hilang ataupun
dicuri oleh orang, tidak menutup kemungkinan mereka dapat mengakses PIN mobile
banking dan dan informasi pribadi lainnya.
d.
Rentan terhadap hacker.
Beberapa bank tidak
memberikan jaminan perlindungan yang sama terhadap penggunaan layanan Mobile
Banking tersebut.
Contoh penggunaan M-Banking pada Tbank
Sumber: http://www.ijsrp.org/research-paper-1014/ijsrp-p34115.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar