Rabu, 05 Oktober 2016

MENGENAL MOBILE BANKING

Mengenal Mobile Banking, sebelumnya tahukah kalian apa itu Mobile Banking? Apa Saja layanan yang ditawarkan dari Moblie Banking tersebut? Lalu adakah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Mobile Banking ini? Mari kita simak bersama-sama mengenai Mobile Banking ini.
M-Banking atau yang biasa disebut Mobile Banking merupakan salah satu layanan perbankan yang diberikan oleh pihak bank guna untuk mendukung kelancaran kegiatan di perbankan yang memanfaatkan teknologi informasi. Bukan hanya untuk pihak bank, namun M-Banking ini juga memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan suatu transaksi. Perkembangan M-Banking tidak terlepas dari penggunan handphone atau telepon genggam, kecanggihan dari handphone ini memberikan manfaat dalam penggunaan layanan tersebut. Layanan M-Banking dari handphone ini berupa Phone Banking dan SMS Banking yang masing-masing memiliki fitur tersendiri.


Phone Banking ini merupakan suatu layanan dari M-Banking untuk memberikan nasabah kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan melakukan transaksi finansial non-cash melalui handphone. Adapun fitur yang ditawarkan dari Phone Banking ini yaitu:
 

      a.       Trasnfer dana.
      b.      Inforamasi saldo dan mutasi rekening.
      c.      Pembayaran tagihan (seperti kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik dan asuransi).
      d.      Pembelin pulsa isi ulang.

      SMS Banking merupakan layanan informasi dari perbankan yang dapat diaskes langsung melalui
handphone dengan menggunakan SMS. Fitur yang ditawarkan dari SMS Banking ini adalah:

      a.       Transfer dana.
      b.      Informasi saldo dan mutasi rekening.
      c.       Pembayaran (kartu kredit).
      d.      Pembelian pulsa isi ulang.

     Selanjutnya mari kita beranjak untuk menyimak apa saja keuntungan dan kerugian dari penggunaan M-Banking ini.
Dimulai dari keuntungannya, M-Banking memberikan kita keuntungan sebagai berikut:

    a. Hemat waktu : dengan menggunakan layanan dari M-Banking ini kita dapat dengan mudah melakukan transaksi seperti cek saldo, menerima/mentransfer uang dimanapun dan kapanpun tanpa pergi ke bank.
     
     b.   Nyaman : kemampuan bertransaksi yang bisa dilakukan dimana saja memberikan kenyamanan bagi nasabah, nasabah dapat melakukan transaksi tanpa harus antri seperti umumnya yang terjadi di bank.

    c.  Akses mudah keuangan : dengan Mobile Banking kita dapat mengkses informasi mengenai keuangan kita baik itu saat berada diluar jam kerja.

    d.  Efisiensi : fungsi mobile banking yang fungsional, kompetitif, dan efisien daapat membantu mengurangi antrian di aula perbankan, selain itu juga Selain itu kita dapat memeriksa saldo rekening, meninjau transaksi terakhir, transfer dana, membayar tagihan, cari tm, cek deposito, mengelola investasi dalam waktu yang tidak terbatas.

      Sedangkan untuk kekurangan dari penggunaan M-Banking ini adalah:

      a.       Nasabah berpotensi menerima pesan dan sms palsu/penipuan.

     b.     Umumnya aplikasi mobile banking membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi. Sehingga saat kita berada didaerah pedalaman yang koneksi internetnya tidak baik, kita tidak akan bisa melakukan transaksi.

      c.     Jika handphone kita hilang ataupun dicuri oleh orang, tidak menutup kemungkinan mereka dapat mengakses PIN mobile banking dan dan informasi pribadi lainnya.

      d.      Rentan terhadap hacker.
Beberapa bank tidak memberikan jaminan perlindungan yang sama terhadap penggunaan layanan Mobile Banking tersebut.

     Contoh penggunaan M-Banking pada Tbank



     Sumber: http://www.ijsrp.org/research-paper-1014/ijsrp-p34115.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar