A. Bahasa Pemrograman
- Algoritma
Algoritma adalah
urutan atau langkah-langkah logis dalam penyelesaian suatu masalah yang disusun
secara sistematis. Dalam menganalisa suatu masalah diperlukan tindakan untuk
mengidentifikasi informasi masukan yang menjadi keluaran pemecahan masalah.
Dalam hal ini diperlukan prosedur untuk mengolah input menjadi output yang
dikehendaki, yang disebut dengan algoritma.
- Interpreter,Pustaka
Interpreter
adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi kode program dan menterjemahkan
ke dalam bahasa mesin , sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh
programer. Proses eksekusi perintah-perintah tersebut dilakukan baris demi
baris sambil mengikuti logika yang terdapat dalam program tersebut. Pustaka, pustaka merupakan suatu library standar yang terdapat pada bahasa pemrograman dan didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program.
-Sintaks
Sintaks merupakan
suatu kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa, sintaks juga
mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari
pemilihan suatu kata dasar.
-IDE + OS
IDE merupakan
program komputer yang diperlukan dalam pembangunan software. IDE ini berfungsi untuk
menulis kode untuk membuat program, menjalankan kode-kode dan mengecek apakah
ada kesalah dalam program yang sedang dibuat. Terdapat banyak IDE yang dapat
kita gunakan dan sangat berpengaruh terhadap dukungan dari OS yang kita gunakan.
B. Model Pemrograman
Dalam pemrograman kita mengetahui dua model pemrograman, apa saja dua model itu? Mari kita simak bersama-sama:
Model pemrograman yang pertama yaitu pemrograman struktural yang terdiri dari dua yaitu:
1. Function/fungsi
B. Model Pemrograman
Dalam pemrograman kita mengetahui dua model pemrograman, apa saja dua model itu? Mari kita simak bersama-sama:
Model pemrograman yang pertama yaitu pemrograman struktural yang terdiri dari dua yaitu:
1. Function/fungsi
Fungsi adalah suatu bagian dari program yang dirancang untuk melaksanakan
tugas tertentu dan letaknya terpisah
dari program program utamanya. Pada umumnya fungsi memerlukan nilai masukan
atau parameter untuk me-return nilainya.
2. Prosedur
Prosedur
merupakan suatu program terpisah yang berada dalam blok sendiri yang memiliki
fungsi sebagai subprogram atau program bagian. Prosedur dapat digunakan untuk
mempersingkat program yang melakukan proses yang sama berulang kali.
Model pemrograman yang kedua yaitu model pemrograman berorientasi objek, pemrograman berorientasi object merupakan bahasa pemrograman yang mampu memanfaatkan objek-objek yang tersedia atau membuat suatu objek tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman, model pemrgraman ini juga dibagi menjadi dua yaitu:
1. Object
Yaitu elemen yang memiliki fungsi,metode,karakteristik, tertentu yang
dapat dibedakan dalam dunia nyata. Objek ini adalah dasar dari struktur suatu
bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini membungkus data dan
fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program.
2. Class
Kumpulan
Objek-objek yang memiliki kesamaan karakteristik. Class digunakan untuk
mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.
Contoh:
Java (JZEE, JZGE, JZME), python.
C. Peran
Adapun peran-peran dari bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:
1. Jaringan komputer : socket programming
Socket programming adalah
pemrograman yang bertujuan agar satu program dapat berinteraksi dengan program
lainnya dalam satu jaringan. Dalam suatu program atau aplikasi yang kita
gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa
pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi
data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan
berdasarkan jenis paket data yang dikirimkan.
2. Database
Dalam database peran
pemrograman yaitu digunakan dalam pengelolaan suatu database, mulai dari
penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan data . Bahasa pemrograman
dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat
dari database tersebut, serta dapat digunakan untuk
menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC,
Python).
3. Internet Of Things
Internet Of Things artinya semua
barang fisik yang dapat di-monitor dan dikendalikan dari jarak jauh menggunakan
internet. Dengan bahasa pemrograman kita
bisa membuat suatu alat cerdas yang bisa memonitoring semua hal, dengan
memanfaatkan teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless.
4. Cloud Computting
Cloud Computing
merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis
Internet. Cloud Computing ini merupakan suatu metoda komputasi di mana
kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a
service), sehingga pengguna dapat
mengaksesnya lewat Internet tanpa
mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali
terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
5. ITS ( Inteligent Transportation System)
Intelligent
transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang
memberikan penggunanya mudah dalam menjalankannya sebagai contoh adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal
parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri
tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas
yang telah diprogramkan oleh programernya untuk memudahankan suatu hal yang
dianggap sulit.
6. Parallel Computing
Salah satu teknik
melakuakan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer
secara bersamaan. Paralel computing juga dapat diartikan sebagai suatu metode
dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam
jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Komputer
parallel membutuhkan algoritma, bahasa pemrograman, dan compiler. Metode ini
banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti google.
7. Bio
Informatika, E-Health.
Bio
informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan kesehatan yang bisa
dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa dilakukan, dengan bantuan
bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Dalam pembuatan aplikasi ini kita
menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengecek suatu gejala ataupun
penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi solusi untuk penyakit
tersebut dan tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan ilmu kesehatan.
D. Tips Pemrograman
Berikut merupakan tips-tips yang harus diperhatikan agar program yang kita buat sesuai dengan keinginan dan kita cepat paham serta menguasai pemrograman komputer:
1. Pahami Algoritma
Untuk membuat suatu program hal yang paling pertama kita perhatikan yaitu algoritmanya. Kita harus paham bagaimana algoritma itu bekerja agar program kita dapat berjalan sesuai dengan urutan-urutan yang logis.
2. Kuasai sintaks
Untuk menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman kita harus menguasai sintaks dari bahasa pemrograman yang kita gunakan.
3. Pahami model pemrograman (structural/object oriented)
Kita juga harus memahami model pemrograma apa yang akan kita gunakan, sehingga tidak terjadi kebingungan dalam proses pengerjaannya.
4. Berlatih
Selain memahami algoritma, menguasai sintaks, dan memahami model pemrograman kita juga harus sering berlatih, karena dengan berlatih lah kita akan terbiasa dalam membuat program.
5. Studi kasus sehari-hari
Studi kasus sehari-hari ini berarti kita dapat menggunakan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat program dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa pemrograman.
6. Aktif dalam pengembangan (Open source,project,github,dll)
Untuk memperluas wawasan, kita dapat turut serta dalam pengembangan program yang sudah dibuat agar tidak mentok sampai disitu saja.
E. Security
Security
dalam pemrograman tidak hanya berarti keamanan.
Securitydisini juga bisa berarti, segala kemungkian yang bisa membuat program
yang kita buat tidak bisa berjalan
sesuai dengan logika atau keinginan dari programernya. Berikut merupakan security dalam pemrograman:
1. Kesalahan Algoritma
Sering kali dalam
pembuatan program kita salah dalam
menerjemahkan algoritmanya ke dalam bahasa pemrograman Jika hal tersebut tidak diatasi bisa dipastikan
bahwa program yang dibuat tidak akan berjalan sesuai dengan urutan logika.
2. Buffer Overflow
Buffer overflow adalah
suatu keadaan dimana pogram yang kita
buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi
memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa terjadi jika kita
membuat suatu program yang bisa memecah
dirinya sendiri, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang akhirnya bisa
membuat suatu komputer manjadi hang.
F. Tingkat Pemrograman
Tingkat pemrograman dalam hal ini yaitu tingkat bahasanya, tingkat bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi dua yaitu tingkat rendah dan tingkat tinggi.
1. Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan dipelajari, karena bahasa pemrograman ini sudah mendekati bahasa manusia, sehingga mudah dimengerti dan dipahami.
Contohnya yaitu bahasa pemrograman pascal,java dan C.
2. Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa mesin yang mana bahasa pemrograman ini cukup sulit untuk dimengerti dan dipahami, selain itu dalam membuat suatu perintah bahasa mesin ini memerlukan sintaks yang panjang, namun hingga saat ini bahasa pemrograman ini masih banyak digunakan dalam beberapa kasus.
Cotoh bahasa mesin: assembly.
Baik sekian pengenalan bahasa pemrograman dan peranannya, semoga bermanfaat untuk kita semua!:)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar